Rabu, 02 November 2011

menginstall driver


Setelah windows selesai diinstall, selanjutnya adalah install driver untuk komponen perangkat keras pendukung seperti chipset, VGA, sound, Ethernet card. Driver biasanya dikemas dalam bentuk CD dan sesuai menjadi satu paket dengan motherboard.
Langkah-langkah install driver :
- Masukan CD driver.
- Install driver satu-persatu atau jika disediakan gunakan fasilitas Xpress Install untuk install langsung secara keseluruhan.
- Jika diperlukan/diminta, restart computer.
Untuk mengetahui bahwa seluruh driver komponen perangkat keras pendukung telah terinstall, dapat menggunakan fasilitas Device Manager windows. Klik kanan pada My Com puter, pilih Properties, lalu pilih Device Manager.
3. Install Aplikasi
Aplikasi computer adalah program computer yang memiliki fungsi tertentu untuk membantu/memberikan kemudahan pengguna menyelesaikan tugas tertentu.
Install aplikasi dapat dilakukan dari CD, hardisk, flashdisk, dan disket tergantung sumber/master aplikasi tersebut disimpan. Dalam menginstall aplikasi, biasanya sudah tersedia fasilitas panduan install (installation wizard) sehingga pengguna dapat dengan mudah mengikuti petunjuk panduan tersebut. Untuk melanjutkan proses install biasanya menggunakan tombol next, kembali ke proses sebelumnya menggunakan tombol back, untuk membatalkan install menggunakan tombol cancel dan selesai menggunakan tombol finish.
Catatan :
Disarankan untuk tidak menginstall aplikasi terlalu banyak disatu computer terutama aplikasi-aplikasi yang memiliki fungsi sama, karena terlalu banyak aplikasi dapat menyebabkan computer berjalan lambat dan pada beberapa aplikasi yang memiliki fungsi sama dapat saling berbenturan/crash.
Banyaknya aplikasi membuat membuat computer menjadi lambat disebabkan karenaa tiap program aplikasi yang diinstall biasanya menyimpan konfigurasinya pada registrasi windows. Semakin banyak data konfigurasi pada registrasi windows akan membebani system terutama pada saat melakukan booting.selainmasal registrasi, beberapa aplikasi juga membawa system service/layanan yang aktif dalam windows sehingga akan membebani pemakai memory.
Sebaiknya dalam satu computer diinstall program aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan saja

0 komentar:

Posting Komentar